Cerita Jokowi Telepon IMF Tanya Ekonomi Dunia, Eh Isinya Minus-Minus

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mengetahui bahwa ekonomi worldwide akan minus dampak pandemi virus corona atau Covid-19 Untuk ekonomi Indonesia kuartal II-2020, Jokowi juga pasrah jika akan minus hingga 5%.

Jokowi menelepon beberapa lembaga keuangan internasional untuk mengetahui pertumbuhan ekonomi global. Hampir semua jawabannya sama, yakni pertumbuhan ekonomi international isinya minus, minus dan minus.

Baca Juga: Jokowi: Ekonomi Dunia Isinya Hanya Minus, Minus dan Minus

Berikut fakta-faktanya seperti dirangkum Okezone, Jakarta, Minggu (26/ 7/2020).

1. Ekonomi Dunia Isinya Hanya Minus

Jokowi menganggap bahwa kondisi saat ini semakin sulit. Apalagi dia juga mendapat informasi beberapa negara maju mengalami hal yang sama, yakni minus pertumbuhan ekonomi.

” Isinya hanya minus, minus, minus, minus, minus dan minusnya itu adalah dalam posisi yang gede-gede seperti itu,” ucap Jokowi, Kamis 23 Juli2020

2. Jokowi Telepon IMF hingga Bank Dunia

Jokowi bercerita, 3 bulan lalu menelepon pihak IMF. Jokowi pun mendapatkan prediksi ekonomi worldwide akan minus 2,5%. Padahal sebelumnya positif 3%-3,5%.

” IMF mengatakan kepada saya ‘Presiden Jokowi kemungkinan tahun ini ekonomi worldwide akan minus 2,5i yang sebelumnya plus 3%sampai 3,5%’,” ujarnya.

Baca Juga: Jokowi Pasrah Ekonomi RI Kuartal II-2020 Bisa Minus 5%

Kemudian dua bulan lalu, dirinya menanyakan ke Bank Dunia. “Bahwa pertumbuhan ekonomi dunia hanya akan tumbuh minus 5%.

Selanjutnya, data terbaru yang di dapat adalah dari OECD. Dirinya menelepon OECD pada 2 minggu lalu. “Pertumbuhan ekonomi dunia hanya akan tumbuh minus, tumbuh tapi minus 6%sampai minus 7,6%,” ujarnya.

3. Ekonomi Dunia Semakin Sulit

Presiden Joko Widodo (Jokowi) terus mengupdate perkembangan perekonomian dunia. Pasalnya, ekonomi dunia diprediksi terus berubah ke bawah karena dampak infection corona atau Covid-19

Menurutnya, setiap bulan ekonomi dunia selalu berubah-ubah dengan sangat dinamis. “Posisinya tidak semakin mudah tetapi semakin sulit,” ujarnya.

Okezone.com.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top